Sunday, 10 October 2010

Does My Head Look Big in This?



haloooh, gue baru beli buku kemaren dan baru selese bacanya.
judul asli buku ini Does My Head Look Big in This? dan diterjemahkan oleh Penerbit Gramedia berjudul Memangnya Kenapa Kalau Aku Pakai Jilbab?

buku ini menceritakan tentang gadis Muslim keturunan Pakistan bernama Amal yang tinggal bersama keluarganya di Australia. di awal semester 3 - nya di SMA McCleans Grammar, yang terkenal ketat dengan peraturannya termasuk peraturan seragam, Amal memutuskan untuk memakai jilbab full timer, sebutan untuk para wanita yang memakai jilbab sepanjang hari kecuali di depan keluarganya.

keputusannya ini jelas agak sulit karena sekolahnya bukan sekolah Islam. hari pertama dia masuk sekolah dengan mengenakan jilbab ia harus menghadap kepala sekolah untuk meminta ijin. dia juga dipandang aneh oleh teman-temannya dan dianggap dia disuruh orang tuanya untuk mengenakan jilbab. namun lama-lama semua teman dan gurunya mengerti dengan keputusan Amal dan tidak masalah dengan itu.

Amal punya teman-teman yang sangat memahaminya, dan meskipun dia mengenakan jilbab ia tetap gadis remaja SMA biasa, yang senang berkumpul dengan teman-temannya untuk ngomongin banyak hal. ia juga naksir dengan Adam yang kemudian menjadi partner lomba debatnya.

ia juga mengalami hal buruk ketika Leila, salah satu temannya, kabur dari rumah karena tidak tahan dengan ibunya yang terus mendorongnya untuk menikah muda sedangkan Leila masih ingin sekolah dan kuliah dan menjadi pengacara. ia kemudian berteman dengan tetangganya, Mrs. Vanelli yang sudah tua, hidup sendiri dan ketus.

Amal banyak memberi masukan pada orang-orang di sekitarnya meskipun kadang dianggap kasar. namun ia hanya bersikap tegas pada orang-orang itu.

buku ini bikin gue makin bersyukur berjilbab. awal gue berjilbab juga terasa sulit. bukan karena takut nggak diakui,tapi karena belum terbiasa, kadang suka lepas pakai. setelah baca buku ini jadi makin mantep. karena kita berani memutuskan untuk menjadi berbeda namun dengan membawa identitas agama kita. gue inget guru Biologi SMA gue pernah bilang "kalo kita pakai jilbab, kita akan terdorong untuk semakin mendalami Islam, malu dong, uda berjilbab tapi pengetahuan Islamnya masih kurang"
dan menurut gue kalimat itu worth it. sedikit-sedikit gue makin pengen lebih mendalami Islam. paling nggak shalat gue nggak bolong2, mulai rajin baca Al-Quran, dan sedikit-sedikit ngebiasain puasa dan shalat sunnah.
yang penting kita bener-bener siap karena memakai jilbab, yang cuma kain penutup kepala, itu berarti merupakan progress ke depannya yang tidak bisa dianggap main-main, karena membawa pembawaan dan sikap kita.


sayangnya cover bukunya bagusan versi Aussie daripada versi Indonesia -____-

No comments:

Post a Comment