Tuesday, 19 April 2011

Stop Bullying at School

halo halo!!!! long time no see ya! I just concern with my fashion blog so this blog has a little holiday :p
by the way, my opinion has been published at Gogirl! magazine this month!!!! what a surprise...
my picture is in the magazine! there's a little different between the original one and in the magazine.
here I post the original opinion by me.

Stop Bullying at School

Kemarin aku baru beli komik yang nyeritain tentang bullying di sekolah. Beberapa cewek mengalami bullying atau kekerasan yang dilakukan oleh sesama murid. Biasanya dia dikerjai dengan surat-surat anonim bernada kasar, mengejek terang-terangan atau merusak propertinya.
Aku nggak terlalu tau apakah ini bisa dikategorikan bullying. Kalo diliat dari usia, aku mengalaminya ketika aku masih SD. Aku sering dibilang kuper. Nggak secara terang-terangan, tetapi aku bisa merasakan bahwa beberapa teman membicarakan aku dibelakangku. Mungkin karena masih anak-anak dan sedikit terpengaruh tayangan televisi yang belum sesuai dengan usia mereka untuk ditonton, jadi mereka nggak tahu bahwa hal itu sebenernya bisa mempengaruhi kondisi psikologis orang. Aku yang memang terlahir sebagai anak tunggal terbiasa melakukan segala sesuatunya sendirian dan tidak tergantung orang lain. Karena orang tuaku pun mengajarkanku untuk mandiri sejak kecil.
Ketika SMA kelas satu, aku mengalaminya lagi. Bahkan kali ini aku merasa sekali. Beberapa teman sekelas mengatai aku atau menjadikan aku bahan tertawaan mereka dibelakangku. Karena sudah “terlatih”, aku bisa merasakannya dan aku bertahan pura-pura nggak tahu tentang itu.
Aku juga pernah mengalami bullying oleh kakak kelas, juga pada saat kelas satu SMA. Sampai sekarang aku masih nggak tahu alasan mereka apa. Busi motorku dilepas, sehingga motorku nggak bisa kunyalakan. Beruntung ada yang memberitahuku dan membetulkannya. Saat itu kuberanikan diri untuk mengatakannya ke guru BK. Padahal aku tak punya bukti yang kuat. Tetapi pada akhirnya dia mengaku dan aku berteman baik dengan kakak kelas.
Kebanyakan, anak-anak yang mengalami bullying nggak berani untuk mengatakan atau bahkan ada yang nggak sadar. Kalaupun mereka sadar, mereka berusaha tutup telinga dan berpura-pura semua itu tidak terjadi, karena mereka takut kalau mereka speak up mereka akan mengalami bullying lebih hebat. Tetapi sebenarnya hal itu bisa berpengaruh kepada kondisi psikologisnya. Dia akan terus merasa bahwa semua orang mengatainya dibelakang dan dia akan menutup diri dari pergaulan.
Memang mengumpulkan keberanian untuk mengatakannya itu susah. Tetapi kalo kita nggak speak up sekarang, bullying akan terus terjadi, entah pada kita maupun pada orang lain. Si pelaku bullying harus diadukan agar ia jera. Kalo tidak, dia akan terus melakukan bullying pada orang lain.
Kalo kamu mengalami bullying, ceritakan pada orang tua dan mintalah pendapat mereka serta semangat dari mereka untuk menyelesaikan permasalahan. Jangan mendiamkan bullying karena jika terus dibiarkan, lama-lama si pelaku bullying akan melakukan tindakan bullying sampai pada tindak pidana. Minta tolonglah pada temanmu yang baik untuk menemanimu dan menguatkanmu ketika di sekolah. Bertemanlah dengan para guru. Tetapi tetaplah mandiri dan jangan tergantung pada orang lain.

and here's the picture of the page!! <3

No comments:

Post a Comment