Monday, 8 April 2013

Stay Creative! 29 Ways to Stay Creative (Part 1)



Still working on your routine?
Be creative is what everybody want to be. Mereka yang mampu bekerja out of the box seringkali mendapat pujian dan kaguman dari banyak orang. Ide kreatif mereka seakan tidak pernah ada habisnya. Tapi pernah nggak sih, orang yang sekreatif apapun merasa stuck dan nggak ada ide sama sekali? Kalaupun ada ide, tapi nggak matang dan membuat pekerjaan jadi tidak cepat selesai karena masih merasa kurang oke. Wajar saja seperti itu, karena tubuh dan otak pasti ada lelahnya. Itu sinyal alami dari tubuh agar kita istirahat sejenak. Tetapi kita tentu nggak boleh terus-terusan dan berlama-lama dalam zona nyaman. Pekerjaan tentu makin menumpuk dan menuntut untuk segera diselesaikan. Tapi bagaimana jika ide kreatif itu belum datang juga? Here I found a pictures that very inspiring about how to stay creative. Want to know how?


1. Make a list
Buat daftarmu. Daftar kegiatanmu, daftar hasil pencapaianmu, beauty wishlist, daftar apa saja yang ingin kamu buat! Kadang membuat daftar seperti ini menyenangkan juga untuk dilakukan. Pikirkan saja apa yang ingin kamu beli / raih, atau hal yang sudah kamu lakukan untuk menyemangatimu. Membuat daftar seperti ini juga bisa menahan diri kita untuk membeli cute unpredictable things yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk dibeli.
2. Carry a notebook everywhere
Notebook di sini notebook kertas ya. Kalau kita sering sekali menulis (atau mengetik) di depan komputer, nggak ada salahnya kita mencoba nulis-nulis di notebook. Beli notebook yang lucu dan pulpen berwarna agar kegiatan menulismu jadi menyenangkan. Kebiasaan membawa notebook kemana-mana ini menguntungkan kita kalau suatu saat kita mendapat ide atau inspirasi, tinggal tulis deh! Ingat, Harry Potter tidak mungkin ada kalau J.K Rowling tidak menulis ide awalnya di selembar tisu.
Kalau kamu nggak telaten bawa notebook kemana-mana, maximalize your gadget! Cek Google Play di Androidmu dan download berbagai macam aplikasi notes seru. Simple yet practice!
3. Try free writing
Tulis apa saja yang kamu mau! Mungkin ketika kamu lagi ngopi sendirian, kamu mengamati kegiatan di sekelilingmu dan melihat sesuatu yang unik. Tulis saja! Siapa tahu bisa dikembangkan menjadi ide yang lebih bagus.
4. Get away from computer
Sometimes we are being distraction from computer, especially when it connected to internet. Browsing informasi memang seru, tapi kalau kamu terus-terusan browsing dan tidak mulai mengerjakan apa yang harus kamu lakukan, kapan ide itu muncul? Ide kreatif nggak cuma ada di komputer kok.
5. Quit beating yourself up
Berhenti menyalahkan dirimu sendiri ketika kamu merasa failed. Justru jadikan kegagalanmu itu sebagai motivasi agar kamu bisa lebih baik selanjutnya. Menyalahkan diri sendiri terus menerus nggak akan membuat kamu lebih baik dan nggak menyelesaikan masalah.
6. Take breaks
Too much underpressure, tightly deadline kadang membuat otak jadi lelah dan jenuh. Biasanya kalau sudah begini, mau dipaksakan pun, ide yang datang nggak bisa oke. Istirahat sejenak. Pejam mata, lakukan gerakan ringan, ngemil, jalan-jalan bisa membantu kita untuk rileks. Kalau bisa liburan, liburan lah ke tempat yang belum pernah kamu datangi. Atau ke tempat yang menurutmu menyenangkan.
7. Sing in the shower
Sambil mandi, kita sering menggumamkan lagu favorit kita. Coba menyanyi dengan sungguh-sungguh seperti ketika kita menyanyi di karaoke. Menyanyi bisa membuat kita jadi senang kembali. Makanya, nggak salah kalau tempat karaoke selalu penuh. Sing is fun!
8. Drink coffee
Buat penyuka kopi, minum kopi bisa menjadi terapi yang menyenangkan. Apalagi kalau minum kopi di cafe-nya sekalian. Menghirup aroma kopi yang sedang diseduh, mengagumi latte art di cangkir kita, mengamati kegiatan dan kesibukan di cafe, atau mungkin menonton aksi bartender ketika menyuguhkan kopi. Banyak novel dan film dengan setting cafe seperti ini dan terlihat menyenangkan, kenapa tidak mengalaminya sendiri? Kandungan caffein dalam kopi sendiri dipercaya dapat membuat semangat kembali datang, asal dalam jumlah yang wajar ya.
9. Listen to new music
Terkadang mendengarkan musik yang sama dari playlist kita terasa membosankan, seberapa pun sukanya kita terhadap lagu itu. Coba dengarkan lagu-lagu yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Bisa buka billboard.com untuk tahu chart lagu terbaru, atau minta rekomendasi lagu pada teman-temanmu. Mereka dengan senang hati akan membaginya kok. Siapa tahu ternyata ada jenis musik baru yang kamu sukai dan menimbulkan ide kreatif untuk kamu kembangkan.
10. Be open
Don't be too introvert! Manusia adalah makhluk sosial, artinya dia tidak bisa hidup sendirian dalam waktu lama, pasti membutuhkan orang lain untuk membantunya. Bersosialisasilah. Kalau ada hal yang mengganjal dan ingin diceritakan, ceritakan pada orang terdekat yang kamu percaya. Mendengar pendapat orang lain bisa menambah pengetahuan kita.
11. Surround Yourself With Creative People
Yep, ini penting. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap pembentukan perilaku kita. Kalau kita berada di lingkungan yang nggak bagus, nggak menutup kemungkinan kita bakal terpengaruh. Tapi kalau kita dikelilingi oleh orang-orang yang kreatif, berpikiran terbuka dan selalu berpikiran positif, pasti kita juga akan menjadi orang yang kreatif dan positif.
12. Get Feedback
Respon orang-orang sekitar kita itu penting sekali. Kritik dan saran mereka bisa membantu kita untuk mengembangkan ide-ide kreatif kita menjadi lebih baik lagi. Gak ada salahnya minta saran. Tapi tetap fokus pada ide dasarmu. Saran itu melengkapi agar kreatifitasmu menjadi makin kaya.
13. Collaborate
Gak ada salahnya kok berkolaborasi dengan orang lain. Ini bisa membuat karyamu menjadi lebih fresh. Sering liat kan para penyanyi yang berkolaborasi di panggung? Betapa lagu mereka yang terkenal menjadi lebih apik dan enak untuk didengar. Kalau mereka bisa, kenapa kamu enggak?
14. Don't Give Up!
Jangan menyerah! Meskipun ide kamu ditolak, terus berusaha! Terus explore kemampuan kamu untuk mengeluarkan ide lain yang lebih bisa diterima. Atau kamu coba tawarkan ide kamu ke tempat lain. Selera tiap orang berbeda. Ingat, kalau J.K Rowling menyerah karena draft novelnya ditolak terus-terusan, kamu nggak bakal bisa ngikutin serial Harry Potter yang kamu suka.

Di post yang selanjutnya akan dijelaskan 14 cara lain untuk tetap kreatip. Stay tune ya!

xoxo,
anindrustiyan

No comments:

Post a Comment