Monday, 8 April 2013

Stay Creative! 29 Ways to Stay Creative (Part 2)


Di post sebelumnya udah dijelasin 14 dari 29 cara untuk tetap kreatif. Ini dia lanjutannya!


15. Practice, Practice, Practice
Iya, kemampuan kamu nggak mungkin terasah menjadi lebih bagus kalau kamu nggak sering mempraktekkannya. Ide di otak mungkin ada banyak, tapi semua itu akan cuma ide kalau kamu nggak mempraktekkannya dan mewujudkannya. Lebih sering kamu praktek artinya kamu lebih sering berlatih. Kalau kamu sering berlatih, kamu bisa menjadi makin ahli.
16. Allow Yourself to Make Mistake
Belajarlah dari kesalahan. Kesalahan akan membuatmu introspeksi dan mengoreksi kesalahanmu, sehingga kamu tahu mana yang perlu diperbaiki. Tapi jangan keseringan salah juga ya!
17. Go Somewhere New
Habis nonton film 5cm dan jadi pengen ke Gunung Semeru padahal belum pernah ke sana? Ajak teman-temanmu bareng-bareng ke sana! Dengan pergi ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya akan membuat kamu menikmati hidup dan menjadi lebih banyak bersyukur. Selain itu, tempat-tempat baru bisa jadi sumber inspirasi kamu untuk bikin ide kreatif yang lain yang lebih seru.
18. Count Your Blessings
Coba deh ingat-ingat, berapa kali kamu mengucapkan rasa syukur kamu? Bersyukur nggak perlu menunggu kamu dapet mobil mahal dan rumah mewah. Kamu masih bisa bernafas dan dikelilingi oleh orang-orang yang kamu sayang adalah salah satu bentuk yang patut kita syukuri setiap harinya. Lihat sekitarmu dan bersyukurlah atas apa yang telah Tuhan beri ke kamu!
19. Get Lots of Rest
Manusia pasti lah punya rasa lelah. Dan biasanya tubuh dan otak kalau sudah lelah akan mengirim alarm agar kamu istirahat. Contohnya sakit ringan seperti pusing dan pegal. Kalau kamu mengabaikannya kamu bisa stres yang mengakibatkan pekerjaan kamu jadi nggak maksimal. Ini sinyal darurat. Istirahatlah! Istirahat yang cukup akan membuat tubuhmu kembali bugar.
20. Take Risk
Sesekali ambillah resiko. Resiko ini bisa memacu kamu untuk mengeluarkan ide kreatif lebih banyak dan lebih seru. Dengan adanya resiko ini, kamu bisa mengukur seberapa kemampuan kamu sehingga kamu bisa tahu bagaimana cara untuk meningkatkannya.
21. Break The Rules
Ada yang (becanda) bilang peraturan itu dibuat untuk dilanggar. Sesekali nggak ada salahnya menerapkan hal ini. Tapi bukan peraturan yang merugikan orang lain ya. Misalnya di kantor kamu nggak pernah ada yang pake baju warna-warni saat hari Jumat. Coba kamu dan beberapa temanmu rame-rame ke kantor dengan dandanan yang berbeda dan bertema, tapi tetap tampil profesional. Hal ini bisa menjadi seru lho. Ajak bosmu juga kalau perlu. Tapi jangan sering-sering ya.
22. Don't Force It
Sesuatu yang dipaksakan memang belum tentu baik hasilnya. Jadi kalau kamu sudah stuck dan merasa nggak bisa ngeluarin ide kreatif lagi, jangan dipaksakan. Sudahnya tidak maksimal, otakmu juga capek dan kamu akan stres.
23. Read a Page of Dictionary
Membaca kamus sih biasanya kalo pas diperlukan ya. Kalo pas nerjemahin atau kita butuh deskripsi artinya baru deh buku tebel satu ini dibuka. Tapi pernah nggak kamu membaca kamus seperti kamu membaca novel? Harry Potter saja bisa kamu baca habis dalam tiga hari, kenapa kamus enggak? Hal ini bisa menambah perbendaharaan kata-mu, jadi kalo kamu bikin suatu proyek atau karya, kamu bisa main-main kata dengan bebas, hasil karyamu jadi paling beda deh.
24. Create a Framework
Segala sesuatu yang tertata dan terstruktur memang membantu pekerjaan menjadi lebih gampang dan lebih cepat selesai. Coba buat sedikit peraturan harian agar kerjaan kamu cepat selesai. Misal, bikin target harian. Dalam satu hari itu kamu harus bisa nyelesein berapa tugas.
25. Stop To Be Someone Else's Perfect
Sempurna itu relatif, mungkin beberapa orang tampak sukses dengan karir sempurna di mata kita. Kita nggak perlu jadi mereka. Ambil tips pengalaman boleh, tapi jangan ngoyo jadi mereka. Jalan orang berbeda-beda, cara orang dalam mengerjakan sesuatu hal juga berbeda. Enjoy saja dalam bekerja dan berkarya. Ciptakan suasana kerja yang nyaman. Tapi tetap pasang target agar nggak terlalu larut dalam santai. Maka kata sempurna itu akan datang dengan sendirinya, dengan cara kamu dan jadi diri kamu sendiri.
26. Got an Idea? Write it Down!
Lagi duduk diem ngopi di kedai kopi, mengamati sekitar sambil menyesap secangkir kopi hangat pesananmu, dan mendadak TRING! Ide itu datang. Jangan abaikan! Tulis ide itu di note book kamu. Atau di gadget kamu. Jangan sampai hilang. Kalau kamu membawa note book, kamu bisa sekalian mengembangkannya, nanti sesampai di rumah bisa kamu eksekusi lebih lanjut. Menunda menulisnya beresiko membuatmu lupa dan hilang sudah ide kamu yang bisa saja mengubah hidup kamu!
27. Clean Your Work Place
Bekerja dengan kondisi lingkungan yang berantakan dan kotor bisa bikin sumpek dan awut-awutan. Sempatkan sejenak untuk membereskan ruangan atau kubikel kamu. Bahkan mungkin merenovasinya. Dekor ulang dan ciptakan suasana nyaman, rapi, bersih dan unik agar kamu semangat terus dalam bekerja.
28. Have Fun
Bersenang-senanglah! Kamu bisa bersenang-senang dengan teman-temanmu selepas kerja. Karaoke, makan bareng, nonton bareng, atau apa pun yang menyenangkan. Bisa juga kamu bersenang-senang dengan pekerjaanmu! Kalau misal dapat tugas dari bos, coba bikin dua atau tiga kemungkinan hasil. Selain kamunya terlatih, siapa tau kamu bisa ditunjuk bos untuk perwakilan presentasi proyek kantor dengan idemu!
29. Finish Something
Proses itu penting, tetapi bagaimanapun, proses itu tetap berujung pada hasil. Jadi, selesaikan pekerjaanmu! Menikmati proses akan membuat kamu belajar, menyelesaikan proses itu akan membuat kamu senang. Dan siap untuk proses selanjutnya.

Gimana? Siap untuk mengeluarkan ide-ide kreatif lagi?

xoxo,
anindrustiyan

No comments:

Post a Comment