Thursday, 4 February 2010

Mia Thermopolis vs Bella Swan

Hai epriwan.
D sini lg ujan nh *basa basi*

bbrapa hr ni gw ngebaca ulang bku Princess Mia sama New Moon buat referensi fiction project gw.

Dibuku Princess Mia, Mia, sang putri Genovia (gw mch brtnya2 emang bneran ada ea? Ktnya d perbatasan Prancis Itali) depresi berat gara2 putus sm Michael Moscovitz, pcarnya. Dia jg djauhi sm Lily Moscovitz, adik Michael yg jg shbt Mia dr kcil, gara2 Lily ngrasa Mia ngrebut pcrnya.

Bella Swan di New Moon, juga depresi gara2 Edward Cullen (vampir cakep-keren-seksi-tanpa-cela-yg-cuma-minum-darah-hewan) ninggalin dy krna warga Forks mlai curiga sm Dr.Cullen yg gag tmbah tua slma 10thn lbh. Bella kmudian nglakuin hal2 ekstrim nan membhayakan jiwa raga biar bsa dger suara Edward. Bella jg kmudian dket sm Jacob Black yg uda naksir Bella dr dlu tp kduluan Edward yg super-duper-cakep-n-keren.

Well,persamaan Mia dg Bella menurut gw :
1. Sama2 brmasalah dg kpercayaan diri
2. Sama2 ngrasa minder n gag menarik
3. Sama2 introvert
4. Dlm episode ni, msing2 ngerasa kehilangan yg amat sangat dalam stlah dtnggal pcar msing2.

Bedanya, Mia ngungkapin perasaan sdihnya dg sangat emosional d bku hariannya. Sdangkan Bella memilih diem tapi nglakuin brbagai hal ekstrim.

Mungkin bwt sbagian org,apa yg dlakukan 2cwe ni (depresi dtinggal pcar) adlh sesuatu yg tolol bgt. Tp gw pnah ngalamin hal itu. Mia n Bella sngat mencintai pcar msing2. Gw jg pnah. N waktu perpisahan tu trjadi gw bner2 ngrasa down. Gw lgsung sakit smpe nyokap gw nangis krna gw gag mw dsuntik k dokter. XD

gw skit typus smpe 2x n yg kedua tu ngamar. Setelah smbuh, gw msh depresi. Gw jd males ngapa2in n puncaknya nilai2 gw anjlok. Gw nyibukin diri d ekskul PMR, tp kmudian gw skit lg krna gw kcpekan.

Gw nyembuhin nyeri n sakit yg dtimbulin perpisahan tu slma sisa gw d SMA. Rasanya sulit bgt krna gw mch ngrasa brada d sktar dy.

Smpe akhrna gw lulus SMA. Gw brusaha kuliah d luar kota dg hrapan gag ktmu dy lg. Trnyta dy jg kul d kota tu tp beda kmpus.
Kesibukan gw d kmpus bkin gw mlai bner2 ikhlas nglupain dy,mski kdg gw mch inget dy.

Tp kmudian gw ktmu lg m dy waktu gw maw pulkam. Gw samperin dy n dy welcome2 aj. Gw lega,mengingat qt pnah brantem hebat.

Sejak tu gw jd brteman am dy. Gw smpet n mch brharap kalo gw sm dy bs kea dlu lg. Tp kalopun nggak,gw uda brsyukur bs kea gni m dy.

Tuesday, 2 February 2010

Thank You for Smoking - Christopher Buckley



wait a minute...dari judul itu tadi, bukan berarti gue sekarang jadi pro rokok ato malah ikutan ngrokok. gue tetep mual kok kalo nyium bau rokok...gue tetep gak suka rokok.

justru karena gue benci rokok, gue malah jadi penasaran sama buku ini. disaat orang-orang banyak yang ngelarang rokok, malah ada yang bikin buku tentang rokok dan dia MALAH NGANJURIN BUAT NGEROKOK.

Christoper Buckley nulis novel ini...ehem,novel dewasa sih sebenernya...
Nick Naylor, seorang pelobi rokok. dia yang ngelawan gencatan protes dari para anti rokok dan dia ngebela rokok banget. soalnya dia kerja di akademi penelitian tembakau. jadi secara nggak langsung dia nganjurin orang-orang buat ngerokok. dia punya data2 kalo kebanyakan orang yang sakit karena rokok sebenernya bukan dari rokok (alasan..)

suatu saat dia diwawancarai di acara talkshow Larry King. setelah acara itu, ia tiba2 diculik orang dan ditempeli plester nikotin di sekujur badannya. karena overdosis nikotin, ia sempet hampir mati dan tubuhnya jadi nggak bisa nolerir rokok lagi. tapi dia tetep kerja buat mempertahankan eksistensi rokok meskipun pada akhirnya dia jadi nggak ngerokok lagi.

buku ini lumayan buat referensi biar kita bisa tau, rokok menurut pandangan para perokok tu gimana. kita nggak bakal bisa ngerubah kebiasaan merokok mereka kalo kita nggak ngerti perasaan mereka terhadap rokok. temen gue pernah bilang, dia baru bisa ngasih nasehat ke temen2 lain kalo dia ngerasain terlebih dahulu. emang sih, kesannya nge-judge banget kalo kita ngasih wejangan2 tanpa ngerasain dulu, meskipun kita tau itu nggak bener. tapi nggak bener juga kalo kita ngasih nasehat jangan pake narkoba, supaya memungkinkan kita mesti nyoba narkoba dulu. sama aja lah...

asal kita punya data2 akurat dan bener tentang itu semua mulai dari barang itu terkandung dari apa aja, akibatnya apa aja, nggak perlu nyoba dulu kita pasti bisa tau baik buruknya barang itu. termasuk dengan cara baca buku ini, supaya kita tahu apa yang dirasain pecandu rokok itu sampe mereka segitu susahnya ninggalin rokok, jadi kita bisa ngajak mereka ninggalin rokok dikit2 tanpa harus ikutan nyobain rokok.


ONE FACT :
Papa gue dulu perokok berat. kerjaannya sebagai seorang arsitek bikin beliau harus begadang tiap malam buat ngerjain proyek dan semacamnya. rokok dan kopi nggak pernah berhenti. kalo pusing minum Aspirin terus. hal tersebut berdampak ke gu. gue baru umur 16 hari setelah dilahirin harus masuk rumah sakit karena klep pembatas darah bersih dan kotor di jantung gue gag nutup sempurna. setelah disembuhin, gue bisa berkembang normal. tapi begitu SD mulai ketauan ternyata penutupan klep tersebut belum sempurna bener. gue seperti kurang keseimbangan, dan tiap upacara selalu ngos-ngosan lalu pingsan. selama satu setengah tahun gue mesti nelen 3 butir obat tiap pagi tanpa hari libur. Alhamdulillah gue sembuh dan sekarang nggak pernah pingsan lagi. tapi Papa gue kemudian kena stroke. selain karena banyak pikiran, beliau juga karena kebanyakan ngerokok.

gue nggak perlu nyoba rokok dulu buat ngasih tau temen2 semua yang ngerokok buat ninggalin rokok. karea gue uda kena dampak dari rokok. asap rokok berdampak lebih bahaya daripada ke perokok aktifnya. jadi lebih baik tinggalin rokok, daripada kalian ngorbanin kesehatan kalian sendiri dan mempertaruhkan kesehatan orang lain.

gue pernah negur orang yang ngerokok di dalam angkot. bukannya dia kemudian matiin rokok, tu oran malah ngejawab kalo rokok itu dia dapet dengan beli pake uang (ya iyalah, masa pake daun???) jadi dia sayang kalo rokok itu dibuang sebelum habis. tapi gue tetep bersikukuh, apalagi gue liat kakak kelas gue yang kebetulan ada di angkot itu ngerasa tersiksa dengan asap rokok itu, padahal dia cowok. akhirnya orang itu ngebuang rokoknya di jendela di sebelah gue DAN NYEMBURIN ASAP ROKOK DARI MULUNYA KE MUKA GUE.

gue akuin emang susah buat ngehimbau orang biar ninggalin rokok. tapi gue nggak nyerah!!!