Tuesday 2 February 2010

Thank You for Smoking - Christopher Buckley



wait a minute...dari judul itu tadi, bukan berarti gue sekarang jadi pro rokok ato malah ikutan ngrokok. gue tetep mual kok kalo nyium bau rokok...gue tetep gak suka rokok.

justru karena gue benci rokok, gue malah jadi penasaran sama buku ini. disaat orang-orang banyak yang ngelarang rokok, malah ada yang bikin buku tentang rokok dan dia MALAH NGANJURIN BUAT NGEROKOK.

Christoper Buckley nulis novel ini...ehem,novel dewasa sih sebenernya...
Nick Naylor, seorang pelobi rokok. dia yang ngelawan gencatan protes dari para anti rokok dan dia ngebela rokok banget. soalnya dia kerja di akademi penelitian tembakau. jadi secara nggak langsung dia nganjurin orang-orang buat ngerokok. dia punya data2 kalo kebanyakan orang yang sakit karena rokok sebenernya bukan dari rokok (alasan..)

suatu saat dia diwawancarai di acara talkshow Larry King. setelah acara itu, ia tiba2 diculik orang dan ditempeli plester nikotin di sekujur badannya. karena overdosis nikotin, ia sempet hampir mati dan tubuhnya jadi nggak bisa nolerir rokok lagi. tapi dia tetep kerja buat mempertahankan eksistensi rokok meskipun pada akhirnya dia jadi nggak ngerokok lagi.

buku ini lumayan buat referensi biar kita bisa tau, rokok menurut pandangan para perokok tu gimana. kita nggak bakal bisa ngerubah kebiasaan merokok mereka kalo kita nggak ngerti perasaan mereka terhadap rokok. temen gue pernah bilang, dia baru bisa ngasih nasehat ke temen2 lain kalo dia ngerasain terlebih dahulu. emang sih, kesannya nge-judge banget kalo kita ngasih wejangan2 tanpa ngerasain dulu, meskipun kita tau itu nggak bener. tapi nggak bener juga kalo kita ngasih nasehat jangan pake narkoba, supaya memungkinkan kita mesti nyoba narkoba dulu. sama aja lah...

asal kita punya data2 akurat dan bener tentang itu semua mulai dari barang itu terkandung dari apa aja, akibatnya apa aja, nggak perlu nyoba dulu kita pasti bisa tau baik buruknya barang itu. termasuk dengan cara baca buku ini, supaya kita tahu apa yang dirasain pecandu rokok itu sampe mereka segitu susahnya ninggalin rokok, jadi kita bisa ngajak mereka ninggalin rokok dikit2 tanpa harus ikutan nyobain rokok.


ONE FACT :
Papa gue dulu perokok berat. kerjaannya sebagai seorang arsitek bikin beliau harus begadang tiap malam buat ngerjain proyek dan semacamnya. rokok dan kopi nggak pernah berhenti. kalo pusing minum Aspirin terus. hal tersebut berdampak ke gu. gue baru umur 16 hari setelah dilahirin harus masuk rumah sakit karena klep pembatas darah bersih dan kotor di jantung gue gag nutup sempurna. setelah disembuhin, gue bisa berkembang normal. tapi begitu SD mulai ketauan ternyata penutupan klep tersebut belum sempurna bener. gue seperti kurang keseimbangan, dan tiap upacara selalu ngos-ngosan lalu pingsan. selama satu setengah tahun gue mesti nelen 3 butir obat tiap pagi tanpa hari libur. Alhamdulillah gue sembuh dan sekarang nggak pernah pingsan lagi. tapi Papa gue kemudian kena stroke. selain karena banyak pikiran, beliau juga karena kebanyakan ngerokok.

gue nggak perlu nyoba rokok dulu buat ngasih tau temen2 semua yang ngerokok buat ninggalin rokok. karea gue uda kena dampak dari rokok. asap rokok berdampak lebih bahaya daripada ke perokok aktifnya. jadi lebih baik tinggalin rokok, daripada kalian ngorbanin kesehatan kalian sendiri dan mempertaruhkan kesehatan orang lain.

gue pernah negur orang yang ngerokok di dalam angkot. bukannya dia kemudian matiin rokok, tu oran malah ngejawab kalo rokok itu dia dapet dengan beli pake uang (ya iyalah, masa pake daun???) jadi dia sayang kalo rokok itu dibuang sebelum habis. tapi gue tetep bersikukuh, apalagi gue liat kakak kelas gue yang kebetulan ada di angkot itu ngerasa tersiksa dengan asap rokok itu, padahal dia cowok. akhirnya orang itu ngebuang rokoknya di jendela di sebelah gue DAN NYEMBURIN ASAP ROKOK DARI MULUNYA KE MUKA GUE.

gue akuin emang susah buat ngehimbau orang biar ninggalin rokok. tapi gue nggak nyerah!!!

No comments:

Post a Comment