Wednesday 20 October 2010

cerpen STYLISH

haloooooh, beberapa bulan lalu gue nulis cerpen. iseng gue kirim ke salah satu majalah cewek. dan ternyata dimuat!!!! here's the short story.


Hari ini gue kuliah siang. Tapi gue tetep bangun pagi seperti biasa. Abis sholat subuh dan bikin susu, gue nyalain lapie dan nyetel musik ngebeat biar nggak bete. First song in my playlist is Tik Tok by Kesha. Sambil nunggu susu coklat gue nggak terlalu panas, gue ngebenahin tempat tidur lalu mandi. Biarin kepagian mandinya, biar gue punya waktu lebih banyak buat nyari baju yang pas buat gue pake hari ini.

Jam Pikachu gue uda nunjukkin jam dua belas. It means that bentar lagi gue kudu berangkat ke kampus. Gue emang sengaja nggak bawa kendaraan sendiri ke kampus. Selain hemat biaya bensin, gue bisa jalan kaki buat ganti olahraga (dan yang pasti gue nggak tergoda buat jalan-jalan). Jarak kost ke kampus lumayan deket. Cuma jalannya itu loh, naik turun. Untung aja ada lift buat ke lantai atas. Setidaknya gue nggak keliatan kayak abis jalan dari puncak gunung ke lembah. Sepanjang perjalanan gue ngerasa gue diliatin sama orang-orang di sekitar gue, terutama yang cewek-cewek. Bodo amat, yang penting niat gue sama kayak mereka, nuntut ilmu.

“Nes, lo pake apaan, sih?” tanya Lula sambil ngeliatin gue.
“Batik,” jawab gue cuek.
“Itu rok, ya ?” tanyanya lagi.
“Iye,”
“Kok lo jadiin kemben?”
“Napa sih? Bawel. Gue kan uda pake blazer,” jawab gue.
“Aneh,” katanya.
“Bodo. Lo yang aneh. Jangan coba-coba lo plorotin ye,” jawab gue lagi.

Gue sering banget dikritik Lula gara-gara gaya pakaian gue. Gue emang suka mix n match. Tapi gue juga nggak ngasal, kok. Sometimes gue nyontek dari majalah. Kalo ada model baru tapi nggak sesuai kepribadian gue ato gue nggak nyaman pake ato budget lagi nggak mendukung ya gue nggak pake. Lula sering bilang, “Nes, kita ini kuliah, bukan mau fashion show,” dan gue dengan jumawa akan bilang, “Gue tahu, Lul. Yang penting gue nggak pake bikini ke kampus,”
Nggak cuma Lula aja yang kritik. Temen-temen gue yang lain juga. Ada juga yang cuma ngeliatin, kadang keliatan banget lagi ngomongin gue tapi bisik-bisik. Gue biasa aja. Toh gue nggak nyalahin ketentuan dari kampus. Gue emang berjilbab. Tapi bukan berarti dengan keputusan gue berjilbab itu bikin gue mati gaya. Gue puter otak supaya gimana caranya gue tetep stylish tanpa nyalahin aturan. Jarang juga majalah yang ngasih tips style berjilbab yang nggak keliatan cupu. Jadi emang kreatifitas gue yang dituntut.

Gue lagi jalan dari kelas ke ruang jurusan. Seperti biasa, orang-orang pada ngeliatin gue. Gue kadang sebel diliatin gitu. Tapi gue pikir, alah, paling juga mereka kagum ama gue. Hahahaha. Gue kemudian masuk ke ruang jurusan dengan niatan mau ngumpulin tugas plus absen. Mahasiswi yang ngejaga ruang jurusan ngeliatin gue. Dari atas sampe bawah pula. “Taruh aja absennya di situ,mbak,” katanya sambil nunjuk loker di deket pintu. Gue kemudian naruh absen dan keluar. Gue kemudian mampir ke perpustakaan, mau nyari novel buat nemenin gue di kost. Gue masuk, minta kunci loker, ngantongin ponsel sama dompet, masukkin tas, ngunci loker, lalu masuk. Mulus-mulus aja. Setelah ketemu novel yang gue mau, gue ngurus persyaratan peminjamannya. Selesai. Gue turun dari lantai dua perpustakaan, balik lagi ke loker tadi. Daaan, waktu gue balikin kunci loker, petugasnya bilang dengan tenang, “Besok lagi kalau masuk sini pake sepatu ya,mbak,”
Gue ngeliatin kaki gue. Sepatu kok. Cutout shoes. Gue keluar perpustakaan dengan gondok. Itu petugas perpustakaan taunya sepatu cuma model sneakers sama pantofel ya? Bodo amat, yang penting gue uda dapet novel. Saking emosinya, gue sampe nggak liat jalan dan tiba-tiba gue uda nubruk seseorang. “Ati-ati dong kalo jalan,” katanya. Gue diem. Dia kemudian liat sepatu gue dan bilang, “Sepatu kayak gitu dipake ngampus. Emang dikiranya mau dangdutan ?” dan temannya bilang, “Paling juga dia cuma gaya doang,”
Gue kemudian nyambar tangannya sebelum dia ngeloyor dan bilang, “Mbak, nggak penting banget ngomentarin sepatu orang. Toh saya juga nggak nyalahin peraturan kampus. Yang pake sneakers juga belum tentu beneran serius kuliahnya,” lalu gue pergi.


Sorenya gue cerita ke Lula. Dan seperti yang uda gue duga, dia berkomentar.
“Gue kan uda pernah bilang ke elo, gaya pakaian lo itu berlebihan. Lo, sih ngeyel,” katanya.
“Trus, gue kudu dandan cupu gitu ?” tanya gue.
“Biasa aja, Nes. Pake kemeja sama jeans,” jawabnya.
“Terserah,deh,”

Hari ini gue nyoba pake kemeja sama jeans doang. Dan biar Lula seneng juga, gue pake sepatu sneakers bulukan gue. Dan beneran, Lula seneng ngeliat penampilan gue. Sementara gue bete seharian. Hari ini kuliah desain. Gue masuk lab dengan mood tiarap. Tugas dosen gue kerjain tanpa semangat. Pokoknya gue beneran males banget. Begitupun seminggu ke depannya. Ide ngeganti gaya pakaian gue ternyata berpengaruh sama mood gue. Sampe kemudian, di kelas desain selanjutnya, mbak Tari, asisten dosen desain yang sering gue ajak curhat tanya ke gue.
“Lo kenapa, Nes? Gue liat dua minggu ini lo bete mulu. Dan gue liat lo ngerubah gaya lo,”
“Iye,mbak. Yang bikin gue bete tu ya itu. Emang gaya pakaian gue berlebihan ya mbak ?”
“Menurut gue nggak juga. Selama ini lo nggak pernah ditegur dosen gara-gara baju lo kan?” tanyanya.
“Nggak. Ditegur satpam juga nggak,” jawab gue. Satpam depan emang punya kewenangan buat negur mahasiswa yang berpakaian nggak semestinya. Pake sandal jepit misalnya.
“Ya udah. Trus napa lo jadi ngerubah gaya yang bikin lo nggak nyaman? Yang bikin lo ngerasa ini bukan lo banget ?”
“Gara-gara gue diliatin orang terus, Lula ngritik gue terus, gue pernah ditegur petugas perpus yang ngira gue pake sandal padahal gue pake cutout shoes, dan gue pernah dikira bego sama orang yang nabrak gue cuma gara-gara gaya pakaian gue,”
Mbak Tari ketawa denger penjelasan gue. “Lo kok mikir sih orang ngomong apa? Yang penting lo nyaman dan nggak nyalahin aturan kan nggak apa-apa,”
“Gue juga mikirnya gitu, Mbak,” jawab gue.
“Besok lo pake baju yang lo suka aja. Asal nggak nyalahin aturan,” katanya.
“Ntar dikritk Lula lagi,”
“Lula ? Lula itu sebenernya iri ama lo, Nes. Dia juga pengen pake baju kayak lo, cuma dia nggak positive thinking kayak lo. Dia pernah pake dress sama blazer dan jeans sehari ke kampus, orang-orang pada ngeliatin. Dipikirnya dia nggak pantes pake baju begitu. Makanya trus dia selalu ngritik gaya lo, dengan harapan lo nggak pake baju gitu lagi dan nggak bikin dia pengen,” cerita Mbak Tari. Gue cengo. Ternyata gitu.

Sorenya gue ke kost Lula. Lula nyuruh gue masuk ke kamarnya dan gue ngeliat tumpukan baju macam baju-baju gue, dan ada blazer model terbaru digantung di pegangan lemari. Dia ngeliat arah pandangan gue dan bilang, “Titipan,”
“Lul, lo jujur aja, deh. Lo juga pengen kan pake baju-baju itu ke kampus,”
“Nggak, lah. Ngapain ? Aneh,” jawabnya.
“Lul, orang-orang tu ngeliatin kita karena mereka pikir baju kita bagus. Karena kita seneng, nyaman dan pede pake baju itu, aura kita keluar. Kita keliatan bagus pake baju itu kalo kita juga nyaman pakenya. Kalo kita nggak pede pake baju itu, biarpun semua orang pake, kita nggak bakalan keliatan bagus,”
Lula diem.
“Besok, lo pake blazer itu ke kampus, ya. Pasti lo cakep,” kata gue sambil narik kemeja lengan pendek. “Pake sama ini sama skinny jeans lo,”
“Tapi gue takut diliatin orang,” katanya.
“Besok gue juga pake baju yang kayak biasa gue pake, biar lo nggak berasa sendirian. Biarin orang mau ngomong apa, yang penting kita nggak nyalahin aturan dan kita pede dan nyaman makenya,” kata gue mantap.


Besoknya gue jemput Lula. Dan dia make baju yang gue saranin kemaren. Gue tersenyum. Dia keliatan bagus banget pake baju itu. Lalu kita ke kampus barengan. Orang-orang emang ngeliatin, tapi gue bisa liat dari cara pandang mereka bahwa mereka menilai cara berpakaian kami ini menarik. Ada juga yang ekspresi mukanya keliatan banget kalo pengen. Dan gue sempet nangkep ada yang bilang, “Blazernya lucu ya, kayak yang gue liat di majalah,”
Gue ngeliat Lula dan dia tersenyum gugup tapi seneng. Dosen kami bahkan bilang kalo dia seneng sama gaya pakaian kita, yang nggak monoton tapi juga nggak nyalahin aturan. Dosen itu memuji kami yang berani tampil beda dan berani bebas berkreatifitas. Mbak Tari juga memuji kami waktu berpapasan di perpustakaan.

Dua minggu kemudian. Gue lagi dengerin musik di kostan. Tiba-tiba Lula dateng ke kostan sambil bawa majalah terbaru.
“Nes, sori ya,” katanya.
“Kenapa ?” tanya gue.
“Gue daftarin lo ke rubrik Rated Stylish di majalah ini tanpa ngomong dulu ke lo,” katanya sambil ngacungin majalah itu.
“Hah? Maksud lo ?”
“Iya, gue daftarin lo, ke majalah ini. Dan lo kepilih sebagai orang terstylish bulan ini menurut majalah ini. Mestinya sih, lo uda dihubungin sama pihak majalah. Soalnya di edisi ini yang kepilih bakalan direkrut jadi kontributor buat jadi fashion stylish,” jawabnya. Gue bengong. Bengong gue belum selese, tiba-tiba ponsel gue bunyi. Nomor yang tertera gue nggak kenal. Tapi Lula bilang mungkin itu dari pihak majalah.
“Halo, Assalamuallaikum,” jawabku.
“Selamat siang, bisa bicara dengan Eneshya,”
“Ya, saya sendiri,”
“Saya Dian dari majalah fashion remaja G, Anda terpilih sebagai orang terstylish untuk edisi bulan ini. Dan khusus untuk bulan ini kami merekrut yang terpilih, yaitu Mbak Eneshya sebagai salah satu kontributor fashion stylist kami. Mbak bisa datang ke kantor redaksi kami hari Senin pada jam kerja dan temui Ibu Nita selaku pemimpin redaksi,” katanya.
Setelah dijelasin panjang lebar sama pihak majalah itu, gue sama Lula pelukan bareng di kamar kost gue. “Lul, thanks,ya,” kata gue.
“Gue yang mestinya terima kasih, karena lo uda bikin gue berani berekspresi,” katanya.


Sudah enam bulan sejak peristiwa itu, dan sekarang gue kerja sebagai salah satu anggota tetap tim fashion stylish di majalah itu. Tapi gue tetep nggak ninggalin kuliah gue. Seperti biasa, gue berangkat ke kampus pagi ini. Dan di depan perpustakaan gue ngeliat cewek yang pernah gue tabrak dan ngatain gue. Gue tersenyum. Dia sekarang pake sepatu yang sama persis kayak punya gue.

2 comments:

  1. ini pasti dari pengalaman pribadi yang waktu itu kamu ceritain ya nind? ;)

    ReplyDelete
  2. iya, ichy. yg waktu ditegur ama petugas perpus itu =.=

    ReplyDelete